Contoh Rubrik Penilaian Presentasi Mahasiswa.
Bukan menjadi sesuatu hal yang asing lagi bagi seluruh mahasiswa jika salah satu tugas mereka adalah berpresentasi di depan kelas sebagai bentuk dari tanggung jawab tugas yang diberikan oleh dosen. Pada beberapa universitas, menerapkan bentuk penilaian yang bervariasi. Namun, masih banyak juga yang tidak memiliki rubrik atau SOP penilaian terhadap mahasiswa yang berpresentasi. Pada beberapa kasus, penilaian terhadap mahasiswa dilakukan hanya berdasarkan pada penilaian dari pihak dosen saja. Sedangkan mahasiswa tidak dilibatkan dalam penilaian terhadap temannya yang melakukan presentasi. Kalaupun ada hanya sebagian kecil dosen yang menerapkan hal tersebut. Berikut ini salah satu contoh rubrik penilaian seperti pada tabel berikut.
Foto. Tabel rubrik penilaian mahasiswa
Rubrik penilaian yang ada terdiri dari beberapa aspek penilaian dengan nilai poin mulai dari 0 - 5. Jika mendaptkan nilai yang sempurna, maka mahasiswa akan mendapatkan nilai total 40 poin. Secara lengkap apa saja yang menjadi poin penilaian yaitu seperti kemampuan, alat peraga dan isi. Sedangkan poin penting dalam penilaian untuk semua aspek terdiri dari tidak sesuai harapan, memenuhi harapan, dan melebihi harapan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gamabr di atas. Poin penting yang menarik menurut saya adalah peran mahasiswa dalam menilai temannya sendiri. Sehingga nilai yang didapatkan lebih objektif. Selain itu pada bagian bawah tabel, mahasiswa yang menilai harus menulis apa yang dipelajari dari presentasi temannya dan menuliskan setidaknya 2 pertanyaan dari topik yang dipelajari.
Dengan adanya rubrik penilaian ini, setidaknya dosen lebih dipermudah dalam menilai mahasiswa. Dosen tidak perlu khawatir menilai mahasiswa mana yang lebih baik atau buruk dalam presentasi, karena semua penilaian bersumber dari mahasiswa sendiri. Selain itu dengan adanya rubrik ini, dosen lebih transparan dalam melakukan penilaian, Ibarat tidak ada dusta diantara kita. Disisi yang lain dosen juga akan sangat terbantukan dalam merekap nilai tugas presentasi dan mempersingkat waktu karena semuanya sudah ternilai. Sehingga dosen tidak perlu lagi repot-repot menghitung nilai.
Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan, dengan menerapkan rubrik ini, mahasiswa lebih senang dalam mendapatkan nilai karena penilaian bersumber dari teman-temannya. Mahasiswa juga tidak perlu khawatir terhadap nilai yang mereka peroleh. Selain itu, ketika ujian dosen juga bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh mahasiswa seperti yang ada pada rubrik penilaian bagian bawah. Apa yang sebenarnya nilai penting yang bisa di peroleh dari penerapan rubrik ini. Menurut pendapat saya, mahasiswa akan lebih memahami cara penilaian yang transparan yang selama ini mungkin belum mereka pahami. Disisi yang lain, mahasiswa juga akan merasa lebih senang karena adanya peneliaan yang lebih terbuka yang mungkin selama ini mahasiswa harapkan. Itu dari sisi mahasiswa. Lalu bagaimana jika dilihat dari segi dosen. Sebenarnya rubrik penilaian semacam ini jarang sekali diterapkan oleh dosen meskipun pada dasarnya mereka telah mengetahuinya. Masih banyak dosen yang lebih menggunakan penilaian berdasarkan penilaian mereka dan jarang yang melibatkan penilaian dari mahasiswa. Dosen bisa menerapkan rubrik ini sebagai media tambahan dalam penilaian mereka. Semoga ini bisa membantu dosen dan mahasiswa dalam penilaian kedepan.
0 comments:
Posting Komentar